Kucing Berbentuk Boneka, Si Hello Kitty

DNKindergarten, 13/09

Hello Kitty, hmm… kalian semua pasti udah nggak asing kan sama sosok boneka kucing putih yang tidak memiliki mulut ini. Kucing adalah hewan kesenangan Nabi Muhammad SAW. Nah.. untuk adik yang takut dengan kucing bisa membiasakan diri lewat boneka ini. Biasanya Hello Kitty dijadikan kado istimewa untuk anak keci. Tetapi Penggemarnya tidak hanya dikalangan anak-anak aja loooch, tapi orang dewasa pun banyak yang menyukainya.

Hello Kitty pertama kali diciptakan pertama kali oleh perusahaan Sanrio Co Ltd, yang didirikan pada tahun 1960 dengan konsep bahwa sebuah hadiah kecil dapat memberikan senyuman besar untuk anak-anak. Lewat konsep itulah Sanrio menciptakan tokoh-tokoh seperti My Melody, Kerokerokeroppi, Batsumaru, dll. Namun diantara semuanya, Hello Kitty lah yang paling banyak digemari. Produk pertama Hellokitty adalah sebuah dompet berbahan plastic yang mulai dipasarkan tahun 1975, namun ketika itu boneka tersebut belum memiliki nama. Sosok hello Kitty kemudian  ‘diproklamirkan’ lahir di Inggris pada tanggal 1 November 1974 dari keluarga White. Ayahnya bekerja di sebuah perusahaan perdagangan, dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga yang pandai memasak. Kitty memiliki seorang saudara kembar bernama Mimi. Tidak sulit untuk membedakan keduanya, karena Kitty selalu memakai pita merah di telinga kirinya, sedangkan Mimi memakai pita kuning di telinga kanannya. Tinggi badan Kitty setara dengan 5 buah tumpukkan buah apel, sedangkan berat badannya setara 3 buah apel. Mungkin karena selalu dikaitkan dengan buah apel, makanan favorit Kitty adalah apple pie buatan ibunya.

Boneka Hello Kitty seolah-olah tidak terpengaruh dengan perubahan jaman. Alasan terbesar mengapa boneka kucing ini tetap digemari hingga saat ini mungkin karena tokoh Kitty tidak muncul dalam anime maupun film, dan kehadirannya terbatas pada produk-produk yang dipasatkan lewat media mix, seperti TV dan video. Selain itu juga desainnya yang tidak memiliki mulut membuat orang dapat bebas menginterpretasikan kesannya pada boneka tersebut. Sampai ini terhitung banyak sekali produk hello Kitty, mulai dari stiker, kartu telepon, boneka, sapu tangan, peralatan makan, hingga alat music.

Kepopuleran hello Kitty membooming hampir di seluruh Negara di dunia. Kehebohan boneka kucing ini bahkan pernah berbuntut pada suatu kerusuhan di Singapura tahun 2000. Kejadian itu terjadi di sebuah restiran McDonald’s yang sedang mengadakan promo berhadiah Hello Kitty. Pengunjung yang sebagian besar terdiri dari ABG sangat antusias dan berebut mendapatkannya, hingga akhirnya terjadilah pertengkaran yang mengakibatkan 7 orang luka-luka dan pecahnya pintu kaca restoran tersebut. Lain hal nya dengan singapura, di Inggris sebuah gambar Hello Kitty raksasa di tampilkan di tengah-tengah ladang jagung yang terletak di bagian selatan kota London, Kalau diperhatikan, gambar tersebut mirip dengan fenomena crop circle. Sedangakan di Amerika kepopuleran Hello Kitty bahkan mampu ‘menaklukan’ artis-artis Hollywood seperti Mariah Carey, Mandy Moore, Christina Aguilera, Tyra Banks, Drew Barrymore, Gwen Stefani, dan masih banyak lagi. Para selebritis ini pernah tampil di berbagai acara bergengsi dengan menjinjing tas maupun mengenakan perhiasan bergambarkan Hello Kitty. Bahkan diantara mereka ada yang telah menjadi penggemar berat Hello Kitty sejak kecil.  Wah, bisa dibayangkan kan udah berapa banyak koleksi boneka Hello Kitty nya.
Sekian dulu, info selingan tentang Hello Kitty. 

(sita, [email protected])

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>