Membaca Untuk Anak TK

DNKIndergarten, 23/11

Membaca merupakan salah satu tahapan penting bagi anak yang tidak boleh dilewatkan. Untuk itu, mengajarkan anak membaca sedari dini merupakan pilihan yang tepat agar ke depan anak mampu mengikuti segala aktivitasnya secara mudah.

Meski demikian, kemampuan belajar membaca anak tidaklah sama. Untuk itu,  ada beberapa 7 Tahap Lancar Membaca untuk TK , yaitu :

1. Menguasai abjad. Belajar sambil bermain menjadi dasar pengenalan abjad a sampai z. pengenalannya disajikan secara bertahap meliputi tiga sampai empat huruf. Tujuannya untuk memudahkan anak memahami huruf demi huruf dalam belajar membaca.
2. Membaca awal. Belajar membaca dimulai dengan suku kata a hingga z. anak diajari mengeja secara perlahan. Diawali mengeja satu suku kata hasil gabungan konsonan dan vokal (KV), lalu mengeja dua suku kata KV + KV.
3. Membaca suku kata atau kata sederhana yang berakhiran konsonan. Belajar membaca akan kita teruskan dengan mengenal kata-kata suku kata tertutup. Kegiatannya: mengeja, membaca, dan berlatih dengan pola KV + KVK dan KVK + KV. Untuk menilai pemahaman anak, bisa dilakukan dengan latihan-latihan.
4. Membaca suku kata berbunyi –ng: -ang, -ing, -ung, -eng, -ong.
5. Membaca suku kata yang berbunyi -ang, -ing, -ung, -eng, -ong.
6. Membaca suku kata yang berbunyi -nya, -nyi, -nyu, -nye, -nyo.
7. Latihan membaca.

Dapat juga mulai mengajarkan dengan beragam aktivitas, seperti menebalkan garis putus-putus, mencocokkan gambar, menuliskan huruf sambil mengucapkannya, hingga mengeja.

sumber : agromediagroup.com

(sita, [email protected])

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>