Menjadi Guru Yang Baik

DNKindergarten, 18/11

“Terpujilah wahai engkau ibu bapak Guru, nama-mu akan selalu hidup dalam sanubariku….” Siapa dari kita yang tidak tahu cuplikan lagu di atas, lagu yang sering dinyanyikan ketika kita masih berada di Sekolah Dasar. Lagu ini bukan sekedar diciptakan hanya sebagai lagu, tetapi sebuah lagu sebagai penghargaan kepada guru yang amat berjasa. 

Menjadi seorang Guru bukanlah perkara yang mudah, namun juga bukan merupakan perkara yang terlalu sulit untuk dilakukan. Selain kompetensi dalam sebuah bidang, ada hal yang jauh lebih penting untuk dimiliki seorang Guru, yaitu sikap rendah hati dan memiliki kecintaan akan belajar. Dua sikap ini penting untuk dijadikan fondasi dasar seorang Guru yang baik. Orang yang rendah hati adalah orang yang mau mendengarkan orang lain, tidak peduli orang itu memiliki kedudukan di atas atau di bawah kita. Kerendahan hati membuat kita mampu melihat orang lain lebih baik dari kita sehingga setiap nasihat dan didikan dari orang lain mampu menjadikan kita bijak di masa depan.

Tugas Guru adalah mengajar oleh karena itu seorang Guru harus menjadi pribadi yang memiliki kecintaan akan belajar. Seorang Guru harus terlebih dahulu belajar dan lulus sehingga dia bisa mengajarkan orang bukan hanya dengan landasan teori saja, tetapi ada pengalaman hidup yang diimpartasikan. Akan ada dampak yang berbeda pada murid yang menerima ajaran Guru tersebut. Seorang Guru yang memiliki kecintaan belajar pasti memiliki keinginan besar untuk senantiasa mengembangkan cara mengajarnya sehingga murid mendapatkan hasil belajar yang maksimal.

Menjadi Guru adalah sebuah Panggilan. Pekerjaan sebagai Guru tidak bisa dijadikan sebuah jenjang karir untuk mencapai kesuksesan. Tidak semua orang mendapat panggilan sebagai Guru. Orang yang mempunyai panggilan sebagai Guru tentu saja tidak menjadi Guru yang memberi contoh buruk, tetapi senantiasa menjadi teladan untuk murid-muridnya. Orang yang mempunyai panggilan menjadi Guru adalah orang yang mempunyai integritas dalam hidupnya, dimanapun dan kapanpun ucapan dan tindakannya selalu sama. Panggilan menjadi Guru sangat berharga, tidak bisa dibandingkan dengan apapun seperti besarnya upah yang didapat.

Profesi guru, sama dengan profesi yang lain. Dalam menjalankannya dibutuhkan kemampuan dan keahlian yang selalu harus berkembang dan meningkat. Dan diera sekarang ini, dibutuhkan juga profesionalisme dalam pendidikan. Tidak hanya sekedar mengajar atau transfer ilmu sebagaimana yang dilakukan oleh para guru kita di jaman dulu. Namun teknik pengajaran dan pendidikan harus dikembangkan sesuai dengan perkembangan dan kemajuan dunia teknologi saat ini. Dan pemakaian multimedia dalam dunia pendidikan menjadi salah satu trik untuk mempermudah dan mendukung materi yang akan diajarkan.

Lalu, bagaimana caranya untuk menjadi guru yang profesional? Berikut ini ciri-ciri guru profesional:

1. Selalu punya energi untuk siswanya
Seorang guru yang baik menaruh perhatian pada siswa di setiap percakapan atau diskusi dengan mereka. Guru yang baik juga punya kemampuam mendengar dengan seksama.

2. Punya tujuan jelas untuk Pelajaran
Seorang guru yang baik menetapkan tujuan yang jelas untuk setiap pelajaran dan bekerja untuk memenuhi tujuan tertentu dalam setiap kelas.

3. Punya keterampilan mendisiplinkan yang efektif
Seorang guru yang baik memiliki keterampilan disiplin yang efektif sehingga bisa  mempromosikan perubahan perilaku positif di dalam kelas.

4. Punya keterampilan manajemen kelas yang baik
Seorang guru yang baik memiliki keterampilan manajemen kelas yang baik dan dapat memastikan perilaku siswa yang baik, saat siswa belajar dan bekerja sama secara efektif,  membiasakan menanamkan rasa hormat kepada seluruh komponen didalam kelas.

5. Bisa berkomunikasi dengan Baik Orang Tua
Seorang guru yang baik menjaga komunikasi terbuka dengan orang tua dan membuat mereka selalu update informasi tentang apa yang sedang terjadi di dalam kelas dalam hal kurikulum, disiplin, dan isu lainnya. Mereka membuat diri mereka selalu bersedia memenuhi  panggilan telepon, rapat, email dan sekarang, twitter.

6. Punya harapan yang tinggi pada siswa nya
Seorang guru yang baik memiliki harapan yang tinggi dari siswa dan mendorong semua siswa dikelasnya untuk selalu bekerja dan mengerahkan potensi terbaik mereka.

7. Pengetahuan tentang Kurikulum
Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan mendalam tentang kurikulum sekolah dan standar-standar lainnya. Mereka dengan sekuat tenaga  memastikan pengajaran mereka memenuhi standar-standar itu.

8. Pengetahuan tentang subyek yang diajarkan
Hal ini mungkin sudah jelas, tetapi kadang-kadang diabaikan. Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan yang luar biasa dan antusiasme untuk subyek yang mereka ajarkan. Mereka siap untuk menjawab pertanyaan dan menyimpan bahan menarik bagi para siswa, bahkan bekerja sama dengan bidang studi lain demi pembelajaran yang kolaboratif.

9. Selalu memberikan yang terbaik  untuk Anak-anak dan proses Pengajaran
Seorang guru yang baik bergairah mengajar dan bekerja dengan anak-anak. Mereka gembira bisa mempengaruhi siswa dalam kehidupan  mereka dan memahami dampak atau pengaruh yang mereka miliki dalam kehidupan siswanya, sekarang dan nanti ketika siswanya sudah beranjak dewasa.

10. Punya hubungan yang berkualitas dengan Siswa
Seorang guru yang baik mengembangkan hubungan yang kuat dan saling hormat menghormati dengan siswa dan membangun hubungan yang dapat dipercaya.

Disarikan dari situs Apple for the teacher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>