Belajar Melalui Lagu Anak

Darunnajakindergarten, 14/09

Banyak orang berkata, salah satu syarat menjadi guru TK adalah bisa bernyanyi. Sangat masuk akal karena dunia anak memang dekat dengan musik & lagu. Bernyanyi tidak hanya dapat menumbuhkan suasana ceria pada anak, namun juga cara yang -terbukti- sangat efektif dalam mengajarkan anak. Materi-materi pembelajaran yang disampaikan akan mudah dihafal dan selalu diingat. Kebiasaan mendendangkan sebaris kalimat buat anak juga akan membentuk suasana akrab. Apalagi jika kemudian lagu itu berjawab-jawaban. Anda tidak perlu menjadi seorang pengarang lagu untuk bisa “mengarang” lagu buat anak. Lagu karangan made in ‘ ibu guru’ mungkin jauh lebih baik daripada anak terbiasa mendengarkan lagu-lagu dengan lirik yang dewasa.

Seberapa besar kekuatan lagu bagi anak, mari kita simak….!!!

1. Melatih Otak Kanan dan kiri
Otak kanan: KREATIF — Bentuk, Intuisi, Lagu &musik, Warna warni, Simbol, Gambar, Imajinasi, Menghayal
Otak kiri: ANALITIK — Bahasa verbal, Matematika, Logika, Angka2, Urutan2, Penilaian, Analisis, Linier Untuk otak kanan, hal ini sangat jelas. Bila kita berbicara tentang lagu, tentu kita juga tidak akan lepas dengan music.

Agar manfaat lagu anak bagi otak kanan semakin lengkap, kita bisa meminta anak bernyanyi sambil menggambar / mewarnai, menunjukkan gambar, dan aktivitas menarik lainnya. Manfaat lagu bagi otak kiri bisa terlihat pada saat kita meminta anak untuk mengingat lirik lagu anak, belajar berhitung dengan lagu, tanya-jawab tentang lagu anak yang dinyanyikan, dan aktivitas yang lain.

2. Melatih kemampuan mendengar

Dengan lagu yang didengarkan, maka anak akan mudah belajar kemampuan mendengar kata-kata, baik yang sudah anak tahu ataupun kata-kata yang baru anak tahu.

3. Mengubah mood Anak
Dengan sebuah lagu, anak yang tadinya terlihat lesu, malas, ngantuk, menjadi lebih ceria setelah diajak bernyanyi lagu anak dengan “beat” cepat.

4. Belajar Bersosialisasi

Dengan lagu anak yang anda berikan, terutama lagu-lagu yang berteman perkenalan dan permainan, anak-anak menjadi lebih akrab dengan lebih cepat satu sama lain.

5. Melatih Anak Berbicara

Dengan lagu anak, anak-anak menjadi lebih lancar bicara. Padahal jika disuruh bicara biasa mereka masih terbata-bata. Dengan lagu, kata-kata yang keluar sangat lancar.

6. Melatih Kerjasama

Dengan lagu anak yang bertema permainan berkelompok, anak-anak bisa berlatih kerjasama. Anak-anak paling suka sebuah permainan kelompok.

7. Memberikan Ketenangan Pada Anak

Lagu anak yang berirama slow akan lebih cocok dalam hal ini. Untuk itu, saya biasa menggunakan lagu “Selamat Malam”. Yah… Meskipun dinyanyikan di siang hari, tidak masalah kok. Yang penting kita ajak anak berimajinasi dengan mengatakan,”Anak-anak, mari kita bayangkan, kita siap-siap tidur di malam hari. Lalu datang papa kita, mengecup kening kita lalu bernyanyi sebuah lagu bagi kita semua agar boboknya nyenyak. (Lagunya ada di SINI)

8. Belajar Calistung (Membaca, Menulis, berhitung).

Melalui lagu kita juga bisa menyampaikan pembelajaran seperti belajar baca dan berhitung.
Anak tidak akan sadar bahwa mereka sedang belajar saat bernyanyi.

Lagu bisa menjadi salah satu cara yang efektif dalam mengajarkan anak. Anda tidak perlu bisa bernyanyi untuk dapat mengajar melalui lagu. Cara paling mudah adalah mengambil nada yang sering didengar dan sudah dikenal anak, kemudian mengganti kata-katanya dengan kata-kata Anda sendiri.

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>