Membatik Di Taman Kanak

DarunnajahKindergarten, 06/03

Membatik ialah proses memberi corak dan motif pada kain, dengan bahan lilin atau malam sebagai penghalang, dan untuk pewarnaanya menggunakan pewarna alam. Dari segi proses pembuatannya, batik terdiri dai beberapa macam jenis, diantaranya batik tulis, batik cap, dan batik jumputan.

Di taman kanak, termasuk TK Darunnajah juga dikenalkan cara membatik. Tapi tekhnik cara maupun alatnya tidak sama dengan membatik umumnya. Sangat sederhana sesuai umur anak usia dini sekitar 4-5 tahun. Walaupun pembuatan yang sederhana, tetapi anak mampu memahami apa arti membatik dan senang serta semangat untuk mencoba membatik.

Mau tau cara membatik di TK kami, simak yuk….!

Alat dan bahan yang dipakai : kertas putih dengan pola yang sudah dibuat, crayon, air, wantek (warna sesuai keinginan), nampan.

Caranya : Anak mewarnai dahulu pola yang sudah dibuat dengan crayon.  Sediakan air campuran wantek di dalam nampan. Setelah anak selesai mewarnai, kertas tersebut dicelupkan ke dalam air campuran wantek. Usahakan jangan mencelupkan terlalu lama, supaya tidak membuat robek kertas. Setelah itu angkat dan keringkan kertas. Maka hasil mewarnai anak akan terlihat lebih terang dan menyala.

     

(sita, [email protected])

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>