Membatik Di TK Darunnajah

DarunnajahKindergarten, 09/03

Membatik ialah proses memberi corak dan motif pada kain, dengan bahan lilin atau malam sebagai penghalang, dan untuk pewarnaanya menggunakan pewarna alam. Dari segi proses pembuatannya, batik terdiri dari beberapa macam jenis, diantaranya batik tulis, batik cap, dan batik jumputan. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknikteknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober2009.

Di TK Darunnajah juga dikenalkan cara membatik. Tapi tekhnik cara maupun alatnya tidak sama dengan membatik umumnya. Sangat sederhana tapi menarik lho…..

 Alatnya sederhana, yaitu kertas berpola dengan crayon, air, wantek (warna sesuai keinginan), nampan.

Caranya, anak mewarnai pola yang sudah dengan ada. Kemudian siapkan air bercampur wantek, dan celupkan kertas tersebut secara perlahan. Usahakan jangan terlalu lama dicelup, sudah terlihat basah langsung angkat dan keringkan.

Dan ini hasilnya…..

  

Silahkan mencoba.^_^

 

(sita, [email protected])

 

shareSeriale Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>