Tips Mempersiapkan Anak Masuk TK

DarunnajahKindergarten, 03/07

Berikut ini berikan beberapa tips untuk memepersiapkan anak masuk TK, yaitu:

1. Berpartisipasilah dalam aktivitas orientasi yang diadakan sekolah untuk anak-anak.
2. Kunjungi sekolah: temui murid-murid dan orangtua mereka
3. Anak lebih mudah menyesuaikan diri jika setidaknya ia mengenal satu anak di dalam kelasnya. Tanyakanlah kepada guru, siapa saja yang akan berada dalam kelas yang sama. Usahakan agar anak bermain dengan salah satu anak yang akan sekelas dengannya.
4. Jika anak mengikuti prasekolah sebelumnya, mintalah agar guru prasekolahnya berbicara dengan guru TK sebelum sekolah dimulai.
5. Ceritakanlah kepada anak Anda mengenai apa yang mesti dilakukannya di sekolah. Beritahukan bahwa ia mesti duduk dengan manis, mendengarkan guru, mengangkat tangan jika ingin bertanya dan guru akan memberi mereka perhatian secara bergiliran.
6. Ajarkan keterampilan sosial kepada anak mengenai bagaimana cara memperkenalkan diri: misalnya,”Hai, namaku Emil. Siapa namamu?” Doronglah agar mereka berpartisipasi di dalam
kelas.
7. Kelas di sekolah taman kanak-kanak didesain agar orangtua bisa berpartisipasi. TAnyakanlah pada guru apakah diperbolehkan menjadi sukarelawan di kelas.
8. Jalin hubungan dekat dengan guru melalui telepon atau catatan.
 

Sumber : http://pgtk–darunnajah.blogspot.com/2012/06/tips-untuk-mepersiapkan-anak-masuk-tk_23.html#ixzz1zZHhQzjm

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>